Skip to main content

Profesi yang dapat kita ambil dengan jurusan TI

Profesi yang dapat kita ambil dengan jurusan TI
Sumber : Google Search
Seblum kita membahas tujuan mengambil jurusan teknik informatika ataupun jurusan IT sudahkah anda tau apa tujuan anda kuliah. Mungkin kalau ini yang kita tanyakan pada mahasiswa mereka akan kebingungan dan akan menjawab kuliah itu agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Pada jaman modern seperti ini kuliah bisa tergolong kedalam kategori, diantaranya adalah “ Kuliah untuk kerja “ dan “ Kerja untuk kuliah “. Dua kata seperti itu mungkin sangat sering kita dengar, banyak dari kita yang kuliah untuk kerja dan tidak sedikit pula kerja untuk kuliah. Maksud saya disini yang kuliah untuk kerja adalah mereka yang kuliah akan fukos dengan apa yang ia pelajari dan bisa menguasai yang ia pelajari tersebut agar nantinya saat dia sudah selesai kuliah dia bisa langsung bekerja sesuai dengan kemampuan dan pengetahuannya. Sedangkan mereka yang yang kerja untuk kuliah adalah mereka yang tidak mampu ataupun mereka yang minim ekonomi, mereka bekerja untuk kuliah demi menggapai cita-citanya. Namun, jika kondisi kita seperti ini maka saya rasa kita tidak akan fokus mempelajari apa saja yang diajarkan dikampus kita, karena pikiran kita hanyak untuk kerja agar mampu menyelesaikan kuliah.

Termasuk kedalam kategori manakah anda, Kuliah untuk kerja ataupun Kerja untuk kuliah ?
Bagi anda yang berkategori sebagai pekerja untuk menyelesaikan kuliah, maka anda harus berusaha lebih ekstra agar materi yang anda pelajari juga terfokuskan, tidak semata-mata fokus untuk bekerja. Saya yakin, jika anda sudah mempunyai skill ataupun keterampilan maka saat sudah selesai kuliah anda akan mudah menemukan pekerjaan yang cocok dengan anda.

Kategori Pertama
Kategori kedua
Kuliah Untuk Kerja ?
Kerja Untuk Kuliah ?

Nah, jangan anggap kuliah itu agar bisa mendapat kerja dengan mudah, namun kuliah itu adalah untuk mengasah kemampuan kita dan mempelajari sesuatu yang belum bisa kita kuasai dengan baik agar kita semua mempunyai ketrampilan dan bisa dipakai oleh mereka yang membutuhkan jasa kita. Apalagi buat anak teknik , skill maupun keterampilan sangat diutamakan agar bisa membangun usaha sendiri dengan mudah. Rata-rata anak teknik itu bekerja pada usaha mereka sendiri dan bukan pada kantor yang mempunyai banyak syarat-syaratnya karena kita sebagai anak teknik bisa mengandalkan kemampuan kita sebagai jasa bagi orang lain. Bagi anda yang mengambil jurusan Teknik Informatika, sudahkah kalian tau apa saja tujuan mengambil jurusan tersebut ??
Kalau belum mari kita simak beberapa tujuan ataupun profesi yang dapat kita ambil dengan jurusan tersebut dibawah ini !

PROFESI YANG DAPAT KITA TEMPUH DIDUNIA IT

Programmer

Profesi yang pertama yang dapat kita ambil dari jurusan teknik informatika adalah menjadi seorang programmer yang bekerja sebagai pembuat ataupun perancang berbagai jenis aplikasi. Gaji rata-rata yang mengambil profesi ini adalah 2 s/d 4jt lebih perbulan, tergantung kerumitan aplikasi yang dibuat. Biasanya satu software yang kita buat dihargakan Rp.10.000.000 namun memakan waktu yang tidak sedikit.

Jaringan

Selanjutnya pada profesi yang kedua adalah sebagai perakit jaringan. Biasanya orang yang menekuni profesi ini bekerja seprti pada proses perakitan warnet ataupun dikantor-kantor yang yang membutuhkan antena ataupun pemancar sinyal. Gaji rata-rata sebagai perakit jaringan juga 2 s/d 4jt lebih perbulan, tergantung berapa kerja yang ditanggungnya.

Teknisi Komputer

Yang ketiga adalah menjadi teknisi komputer, orang yang berprofesi sebagai teknisi komputer biasanya bekerja ditempat sendiri dan menjual jasanya sebagai teknisi komputer untuk memperbaiki komputer-komputer yang rusak ataupun sebagai layanan service komputer. Gaji rata-rata bisa mencapai 3 s/d 5jt lebih perbulan.

 Multimedia

Yang selanjutnya adalah multimedia, biasanya orang yang menekuni ini berprofesi sebagai orang yang menjual jasa design graphic dan edit-edit foto serta pembuat animasi film. Gaji rata-rata perbulan bisa mencapai 4 s/d 7jt perbulan.

Developer Web

Salah satu kuliah dijurusan teknik Informatika adalah kita bisa mengambil profesi sebagai web developer yang kerjaannya membuat website bagi perusahan-perusahaan ataupun bagi siapa saja yang membutuhkan. Seperti online shop dan lain sebagainya. Gaji rata-rata berprofesi sebagai Developer web mencapai 4 s/d 8 jt perbulan tergantung website yang ditanggungnya. Menjadi web developer juga bisa mendapatkan penghasilan melalui website kita sendiri dan menjadi sebagai publisher dan penerbit iklan. Biasanya orang yang menjadi publisher bisa mencapai penghasilan 10 s/d 20 jt lebih perbulannya, tergantung publisher mana yang dia masuki.

Database

Yang terakhir adalah menjadi orang yang mencatat informasi kedalam sebuah database, namun profesi yang ini mempunyai tanggung jawab yang besar dan gajinya pun juga besar, rata-rata orang yang berprofesi ini penghasilannya bisa menjacapai 5 s/d 10jt perbulan bahkan lebih. Orang yang berprofesi seperti ini bisanya bekerja sebagai pencatat penduduk maupun lainnya yang berbasis online.


Nah, itu adalah beberapa profesi yang dapat kita ambil jika mengambil jurusan Teknik Informatika. Karena pada jurusan Teknik Informatika kita diajarkan semua yang berkenaan dengan Teknologi dan online. Jadi, “ manakah profesi yang akan anda ambil jika selesa mengambil jurusan tersebut ?” itu semua terantung materi mana yang anda suka pelajari. Untuk saat ini saya menempuh ada tiga, yaitu sebagai web developer, multimedia dan teknisi. Semoga anda bisa tau tujuan dan profesi apa yang dapat kalian ambil jika sudah selesai mengambil jurusan terknik informatika. Hanya sekian yang dapat saya share semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua profesi apa saja yang dapat kita tekuni.

Comments

  1. Setiap jurusan mempunyai lapangan pekerjaannya masing masing sob asalkan dia serius dalam kuliahnya tersebut :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, ini cuma bbrapa profesi yang bisa diambil di jurusan tknik informatika :)

      Delete
  2. semua udah ada porsinya masing masing gan,,,nice info ntap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bner sob, smua sesuai dgn ketrampilan kita :)

      Delete
  3. nahh iya ana mau coba jadi progammer bang:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh, mantap niii mau nya, kalo udh jadi programmer bisa jual jasanya gan :D

      Delete
  4. haeker gak ada gan hahaa ? untuk bukan haeker

    ReplyDelete
  5. ane cukup jadi manusia yang berbakti ajah bang...

    ReplyDelete
  6. mantap gan artikelnya, jadi ada bayangan kalo ngambil TI

    ReplyDelete
  7. wah kyanya ngk nyesel ane ambil TI,mksh infonya mas

    ReplyDelete

Post a Comment

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)

Popular posts from this blog

Kreasikan dan Ciptakan Websitemu dengan DomaiNesia

Pengen punya website sendiri, tapi gak punya modal untuk beli hosting dan domain ? Tenang saja, kini bagi anda yang berada diseluruh wilayah indonesia maupun luar negeri bisa membuat website ataupun blog dengan mudah karena sekarang sudah ada jasa termurah untuk layanan hosting maupun untuk pembelian domain. DomaiNesia adalah satu-satunya website terekomendasi bagi siapa saja yang ingin menciptakan sebuah website maupun personal blog. Kenapa ?, karena DomaiNesia adalah satu-satunya layanan jasa web yang menyediakan fasilitas untuk website dengan harga yang murah, terjangkau, serta dengan layanannya yang akan membuat anda nyaman dalam mengelola website anda tersebut.
Kreasikan dan Ciptakan Websitemu dengan DomaiNesia
Langkah - langkah dasar untuk bergabung dengan DomaiNesia adalah kunjungi website domainesia di : https://www.domainesia.com/ Kemudian masukkan nama domain yang ingin anda daftarkan di area kotak pencarian domain dan klik cari.


Kemudian silahkan pilih domain yang ingin anda daf…

Apa yang harus saya Lakukan ?

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN ?Pernakah termuncul dipikiran anda dengan pertanyaan seperti itu “Apa yang harus saya lakukan ?”, jika anda salah satu orang yang menanyakan hal semacam itu kepada diri sendiri saya rasa anda sudah termasuk salah satu dari banyak orang yang mulai menginstropeksi diri. Menginstropeksi diri sangatlah penting bagi semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa termasuk pula orang tua. Orang yang menginstropeksi diri biasanya orang yang mengalami masalah ataupun dalam kesulitan, termasuk pula orang yang ingin memperbaiki hidupnya menjadi lebih baik.
Sebenarnya, dalam pertanyaan “Apa yang harus saya lakukan ?” itu memiliki berbagaimacam arti ataupun jawaban yang bisa kita uraikan. Namun salah satunya akan saya coba uraikan sedemikian rupa pada artikel ini. Dalam arti kata, pertanyaan tersebut kita berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari kita dengan apa yang kita lakukan. Sudahkah kita melakukan perbuatan baik hari ini ataupun sebaliknya. Banya…

6 Rahasia Orang Sukses

Setiap dari kita memang sangat berkeingin menjadi orang yang sukses, namun banyak dari kita yang cita-cita ataupun impian kita tersebut tidak tercapai. Sebenarnya ituk bukan tidak tercapai melain belum tercapai. Tidak tercapai dan belum tercapai memang sangatlah jauh berbeda, namun banyak dari kita yang membuat refrensi belum tercapai itu menjadi tidak tercapai. Bayangkan jika semua orang berpikiran seperti itu, pasti banyak dari kita yang menjalani hari-hari dengan sangat berat. Dari kedua kata diatas, kita dapat mengetahui, bahwa belum tercapai itu tidaklah sama dengan tidak tercapai. Karena masih banyak dari kita yang sudah berusaha demi menggapai impian kita namun belum tercapai, namun janganlah berpikir tidak akan tercapai, mungkin itu belum saatnya rezeki kita dan bagaimana pun usaha yang kita lakukan demi hal tersebut jika bukan rezeki kita maka belumlah tercapai.
Jadi, bagi kawan-kawan semua yang belum tercapai semua impian dan cita-citanya janganlah berputus asa karena itu bel…