Motivasi menekuni dunia Blogging

Pengalaman menekuni dunia Blogging
Pengalaman dalam dunia blogging

Pengalaman merupakan salah satu guru terbaik yang kita miliki, dengan adanya sebuah pengalaman kita dapat belajar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Seperti yang telah saya tulis pada artikel sebelumnya tentang Belajar dari pengalaman kali ini saya ingin berbagai seputar pengalaman pribadi saya dalam dunia blogger ataupun dunia menulis. Sebelumnya saya akan mencerita sedikit bagaimana kisah pertaman saya mengenal dunia blogging. Baiklah, langsung saja kita simak dengan sesama semoga pengalaman pribadi saya ini dapat menjadi motivasi buat kita semuanya, baik yang baru bergabung kedunia blogging maupun yang telah lama menekuni dunia blogging, ada baiknya juga kia menceritakan pengalaman pribadi kepada orang banyak.

Tahun 2009 adalah awal saya mengenal dunia blogging, sejak saat itu juga saya baru mengenal Facebook yang dulunya hanya penasaran apa sih facebook itu dan akhirnya tahun 2009 saya berhasil membuat salah satu akun facebook saya yang pertama kali. Namun, untuk dunia blogging sendiri saya juga mengenalnya pada tahun yang sama namun setelah mengenal facebook. Awal saya mengenal dunia blogging adalah terinspirasi dengan banyaknya artis yang foto-fotonya banyak tersebar didunia internet, khususnya banyak saya dapatkan di mesin pencari Google karena pada saat itu saya hanya terbiasa melakukan pencari menggunakan Google , mulai saat itu, saya mulai mencari cara bagaimana cara agar foto kita bisa tampil digoogle. Kurang lebih seperti itu dan saya membaca pada sebuah blog yang membahas cara yang saya cari itu, yaitu agar bisa menampilkan foto di google kita harus mempunyai blog ataupun website selain itu juga bisa kita gunakan Google Plus (G+). Nah, mulai saat itulah saya mencari cara lagi bagaimana cara membuat blog dan apa saja yang dibutuhkan.

Akhirnya saya juga menemukan sebuah blog yang menyediakan tutorial membuat blog dengan mudah, pada blog tersebut dibahas mengenai cara buat blog dengan sangat mudah yaitu menggunakan blogger yang dapat kita akses melalui blogger.com, nah mulai saat itulah saya membuat blog saya yang pertama kalinya dengan tujuan mempublikasi foto-foto pribadi agar bisa tampil di google. Setelah beberapa hari saya mempublikasi fotonya melalui blog tersebut, saya mencari digoogle dengan nama saya, namun “hasilnya apa ?”, saya kecewa karena foto saya tidak satupun yang muncul di google. Sampai disini, saya tidak menyerah, saya terus mencari cara dan mempraktekkannya dan salah satu cara yang saya baca tersebut adalah dengan menggunakan Teknik SEO dan submit blog kita ke webmaster biar fotonya tampil. Saya terus mencoba dan mencoba hingga tiba suatau hari, saya mengulangi kembali melakukan pencarian dengan nama saya di google dan alhamdulillah ada beberapa foto saya yang tampil.

Namun, pada saat yang saya lakukan hanyalah mempublikasi foto saja dan pada saat-saat berikutnya saja muncul ide untuk menulis pada sebuah blog agar bisa dibaca banyak orang dan mereka dapat lebih mudah mengenal saya ( Ceritanya pengen terkenal di Internet saat itu :D ) dan pada saat itu saya membuat sebuah blog baru yang isi nyan akan saya share materi dari pelajaran yang saya ikuti disekolah, maka terciptalah blog kedua saya saat itu. Pada saat itu yang berkunjung ke blog saya tersebut perharinya adalah 5 sampai 10 orang. Dan pada waktu itu, maka saya mencari solusi lagi cara memperbanyak pengunjung blog dan langsung praktekan satu persatu dan alhasil pengunjung blog saya meningkat ke 50 sampai 100 perharinya. Dan itupun belum terlalu serius saya nge-blog. Setalah banyak mencari cara nge-blog yang bagus saya menemukan blog yang mengatakan “ Hasilkan uang dengan blogger “, nah pada saat itulah saya baru tau kalau dengan kita menulis pada blog juga bisa kita hasilkan uang. Langkah pertama saya untuk mendapatkan uang diblog adalah dengan memasang iklan dari iklanblogger.com dan sampai sekarang saya belum bisa melakukan Payout melalui penerbit iklan tersebu karena sekarang saya sudah tidak memasang iklan tersebut lagi.

Awal 2012 adalah langkah pertama saya membuat blog yang igin saya urus secara serius, blog tersebut saya beri nama dengan sharing404 dan urlnya : www.sharing404.net dan domainnya pun sudah expired, awal saya mendapatkan domain TLD tersebut adalah dengan mengikuti Kontes SEO yang diadakan oleh suatu web streaming saat itu dan saya berhasil memenangkan kontes tersebut dan mendapatkan sebuah domain TLD beserta hadiah kecil lainnya. Nah, dengan domain TLD tersebut saya menjadi lebih serius lagi dengan mengembangkan blog tersebut hingga suatu saat difacebook blog saya tersebut diminta untuk diblei oleh seorang blogger dari pulau jawa dengan harga yang lumayan besar untuk saya karena sebagai newbie dan blog itupun saya jual.

Setelah menjual blog tersebut saya langsung membuat blog lagi pada tahun 2013 dengan nama blognya adalah CARAKU404 , namanya tersinspirasi dari blog yang dulunya saya jual dengan menambahkan angka 404 pada belakang nama blog tersebut. Dan pada saat itu pula saya ingin mempunyai domain TLD lagi dan saya berhasil mendapatkan satu domain TLD lagi dari teman facebook, dia adalah admin dari blog tringiling.net , saya mendapatkan domain tld tersebut hanya dengan membantu dia mengedit template blognya dan sebagai balasannya dia mengasih saya satu domain tld yaitu .com bukan lagi .net sehingga blog saya pada waktu itu berdomain www.caraku404.com dan dengan blog itu saya juga mengikuti satu lagi kontes SEO yan diadakan oleh Muhammad Adam Hussein, Spd dengan blognya adamsains.us dan dengan kontes seo tersebut saya juga mendapatkan penghargaan dengan juara ke-3 dari kontes tersebut. Saya langsung mendapatkan penghargaan dengan Sertifikat yang dikeluarkan oleh beliau dan hadiah menarik lainnya. Blog caraku404 itu adalah hasil dari kerja keras saya selama itu dan blog tersebutpun bersaing ketat di pageone google dengan blog lain pada waktu itu. Pada blog tersebut yang saya bahas adalah seputar dunia IT dan tutorial Visual Basic sehingga pengunjungnya lumayan banyak karena sudah ribuan.

Pengalaman menekuni dunia Blogging
Sertifikat SEO Rizal Vanstien Callenfelz

Akhir 2015 domain tersebut expired dan saya gantikan dengan domain baru yaitu www.rizalafni.com , domain tersebut terinspirasi dari blog Mas Adam Hussein yang memakai namanya sebagai domain blog dan saya pun mengikuti langkahnya dan sampai saat ini blog caraku404 tersebut sudah berganti domain ke rizalafni.com dan sampai saat ini blog tersebut masih saya urus seperti biasa.

Jadi, yang jadi intinya adalah jangan pernah menyerah dalam menekuni suatu hal, belajarlah dari pengalaman kita sebelumnya pasti andapun akan sukses menggapai apa yang telah menjadi harapan anda selama ini. Dan jika anda ingin melihat kekurangan maupun kelebihan blog sobat tersebut maka ikutilah kontes-kontes seo yang diadakan, dengan begitu kita dapat mengetahui sampai mana blog kita bisa bersaing dengan berbagai blog orang lain.  Kontes SEO merupakan salah satu tantangan kepada para blogger, jadi ikutilah berbagai macam kontes seo yang diadakan agar kita mendapatkan pengalaman lebih menekuni dunia blogging

Itulah kurang lebih pengalaman saya menekuni dunia blogging semoga bisa menginspirasi sahabat semuanya. Sebenarnya banyak yang bisa saya ceritakan namun itulah intinya jangan pernah menyerah sebelum harapan anda selama ini menjadi kenyataan, jadilah nge-blog itu sebagai hobi kita bukan sebagai pekerjaan kita. Karena dengan hobi kita bisa mengurusinya tanpa ada kata menyerah.

You might also like

10 Comments

waaah agan sudah master sekali kalau gitu tentang blogging,, perlu banyak belajar saya dari agan ... :D
apa lagi sertifikasinya.. keren gan...

Gk gan, saya juga masih belajar dan ingin trus mngembangkan ilmunya di dunia blogging :)
mgkin itu karna usaha saya slama ini :D

mantap nih gan intinya jangan menyerah dan tetap berusaha salut gan ane mantap

wiiii sensei nih wkwkwkwk mantap gan harus berguru ini mah:v

wah ane belum pernah nyobain kontes seo gan soalnya belum pede

mastah ajarin ane caranya SEO yang baik dong huhuhu

weee. ane newbie om..
ini pun lage bljar :3

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)
EmoticonEmoticon